Menjaga Kualitas Air, Perumda Air Minum Tirta Kencana Jombang Rutin Lakukan Pembersihan Bak Prasedimentasi di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Kudu.

IPA Kudu merupakan salah satu unit Instalasi Pengolahan Air yang dimiliki oleh Perumdam Tirta Kencana Jombang yang mengolah dari air baku sungai brantas. Proses pengolahan ini melalui beberapa tahapan sehingga kualitas air yang diinginkan dapat tercapai.

Tahapan awal dari proses panjang tersebut adalah pengambilan air baku dari Sungai Brantas melalui pipa Intake yang kemudian ditampung di Bak Prasedimentasi. Bak ini merupakan penampungan awal dimana proses pengendapan lumpur dan unsur lain yang terlarut dalam air baku terjadi.

Bak ini harus selalu dilakukan pembersihan dari endapan lumpur dan unsur lain yang dapat mengganggu kualitas air dan proses filterasi air di tahapan selanjutnya. Pembersihan dilakukan 1 bulan sekali pada musim penghujan dan 3 bulan sekali pada musim kemarau. Sedangkan Instalasi Pengolahan air lainnya dilakukan pemeliharaan setiap hari demi menunjang performa dan menjaga kestabilan kualitas air yang didistribusikan kepada pelanggan dengan bantuan pompa distribusi berkapasitas 40LPS.

“Kegiatan ini senantiasa dilakukan demi menjaga kualitas air yang didistribusikan pada 6.000 pelanggan di wilayah Kec. Kabuh, Kec. Ploso, dan Kec. Kudu.” Ujar Useman Kepala Divisi Produksi yang turut serta dalam kegiatan ini. 11/12/2023 (Adji/Rer/Admin)