Tasyakuran Sumber Air, Perumdam Tirta Kencana Siap Layani Kebutuhan Air Minum Aman untuk Masyarakat

Kabuh, 7 Oktober 2024 – Tim Pemeliharaan dan Tim Teknik Perumdam Tirta Kencana kembali menunjukkan kesigapannya dalam menghadapi kendala operasional perpompaan air baku di wilayah Bogo Kabuh. Terhitung selama empat hari keseriusan tim teknik beserta tim pemeliharaan bahu membahu melakukan perbaikan keandalan perpompaan. Sebagai konsekuensi terhentinya suplai air melalui jaringan perpipaan  Perumdam Tirta Kencana melakukan distribusi air kepada masyarakat melalui tangki.

“Selama kurun waktu pemeliharaan keandalan pompa air baku, kami menyuplai kebutuhan air masyarakat dengan menggunakan tangki. Setidaknya 2 tangki air minum aman kami bagikan kepada warga Kedungbogo dan sekitarnya.” Terang Khoirul Hasyim, Direktur Perumdam Tirta Kencana Jombang saat diwawancarai.

“Alhamdulillah, hari ini perpompaan air baku beroperasi normal kembali dan distribusi air kepada warga pun demikian juga. Untuk itu, tumpengan ini sebagai ungkapan rasa syukur  bersama warga atas nikmat mengalirnya kembali air ke pelanggan.” Ia meneruskan.

Perlu diketahui, pada kegiatan pemeliharaan tersebut nampak tim Perumdam Tirta Kencana menggunakan hole camera guna melakukan pendataan berkala berkait kondisi aquifer air dan sumur yang ada. Kegiatan ini merupakan salah satu implemantasi dari manajemen resiko yang memuat analisa sejak dini mengenai kendala teknis berkait resiko yang memungkinkan terjadi atas umur ekonomis peralatan dan barang.

“Disaat banyak muncul kekhawatiran berkurangnya debit air, sekali lagi Alhamdulillah, debit air normal, kualitas masih aman, dan tidak ditemukan kendala pada bangunan sumur di Kedungbogo ini. Tim kami, kedepan juga akan melakukan tindakan yang sama kepada sumur-sumur lain guna memastikan keandalan sistem perpompaan, pemertahanan debit air, serta perawatan umur ekonomis bangunan sumur.” Hasyim menuturkan.

Dengan berfungsinya kembali perpompaan air baku di Kedungbogo, distribusi air bersih ke wilayah Dsn. Kedung Jati, Dsn. Tempuran, Dsn. Rayungan, Dsn. Bogo, Dsn. Kayen Barat, Dsn. Kayen Timur, kembali normal. Perumdam Tirta Kencana menegaskan komitmennya untuk selalu memberikan layanan yang andal dan senantiasa merespon dengan cepat terhadap setiap masalah teknis yang mungkin terjadi di lapangan, demi memastikan ketersediaan air bersih bagi seluruh pelanggan.

Masyarakat pun dihimbau untuk terus mendukung Perumdam Tirta Kencana Jombang dengan memberikan informasi baik online maupun offline jika terjadi masalah distribusi air dan sebagainya, agar pelayanan air minum aman tidak terganggu.