Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Perumdam Tirta Kencana Meningkat

Semenjak diberlakukannya Permenpan RB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik, Perumdam Tirta Kencana terus melakukan pedoman tersebut. Dengan melibatkan masyarakat terutama pelanggan dalam memberikan penilaian pelayanan publik dari segi Perusahaan Umum Daerah Air Minum di Kabupaten Jombang.

Untuk mengetahui sejauh mana kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh penyedia publik. Salah satu cara yang dilakukan Perumdam Tirta Kencana melakukan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM), selain itu juga ada “Sapa Pelanggan”. Dari dua tahun terakhir ini tingkat kepuasan masyarakat meningkat, dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyakarat dalam memperoleh pelayanan dari penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhan.

Dari semua ini, setiap partisipasi masyarakat sebagai pengguna pelayanan tentu memiliki peran penting dari setiap lini layanan yang ada, agar lebih inovati dan tingkat kualitas layanan. Jadi pelaksanaan Survei Kepuasaan Masyarakat menjadi gambaran penting sebagai ukuran tingkat kepuasan masyarakat terhadap mutu dan kualitas pelayanan di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Jombang. Bahwa memenuhi kebutuhan setiap warga negara, bagi penyelenggara pelayan publik merupakan keharusan demi mendukung terciptanya pelayanan yang prima dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar dan hak setiap warga negara atas barang publik, jasa publik, dan pelayanan administratif.

Tingkat kepuasan masyarakat terhadap Perumdam Tirta Kencana melalui Sosialisasi Aplikasi Survei Kepuasaan Masyarakat Kabupaten Jomban (SUKMA SANTRI) pada Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabuten Jombang mendapat nilai 80.11 dalam kategori B atau Baik.

Ini dihitung dari jumlah responden, metode survei, unsur prioritas, dan rencana tindak lanjut dari setiap unsur layanan pengaduan atau keluhan pelanggan yang secara langsung bersentuhan dengan masyarakat atau pelanggan. Begitupun dengan proses layanan pemasangan sambungan baru yang dilakukan Perumdam. Prioritas setiap keluhan pelanggan ataupun pemasangan sambungan baru terus ditingkatkan sebagai bentuk komitmen peningkatan pelayanan publik agar kepuasan masyarakat meningkat.

Dan bagi anda yang ingin berpartisipasi dalam layanan survei kepuasan masyarakat bisa klik di laman http://sukmasantri.jombangkab.go.id/login/survey/QndYYmZZaDI4U2o1UnVLWUY1amlQUT09

Salam Mengalir Berkah