Deionisasi Perumdam Tirta Tencana

Perumdam Tirta Tencana Air deionisasi  dihasilkan dari sumber air yang melewati suatu resin  yang bermuatan listrik (kation dan anion). Air deionisasi bersifat reaktif, sehingga sifatnya akan berubah segera setelah terpapar udara. deionisasi memiliki pH 7 ketika dikirim, tetapi segera setelah kontak dengan karbon dioksida dari udara, CO2 terlarut bereaksi untuk menghasilkan H + dan HCO3-, mendorong pH lebih dekat ke 5,6.Proses deionisasi tidak menghilangkan spesies molekuler (misalnya, gula) atau partikel organik yang tidak bermuatan (kebanyakan bakteri, virus).

Sistem Filtrasi Air dengan metode Deionisasi ini pertama kali diinisiasi oleh Dansatradar 222 Jombang atas keadaan air Satradar yang tidak layak konsumsi. Setelah beberapa kali melakukan kajian dan tes uji sistim filtrasi, alhamdulillah, sistem filtrasi dengan 3 tahapan: pertama redusi zat padat terlarut yang berlebih, kedua, filtrasi karbon aktif lodine, dan ketiga, pemberian resin softener sebagaimana yang telah diresmikan ini menjadi pilihan terbaik. Deisonisasi merupakan sebuah cara untuk mengatur kandungan zat padat terlarut dalam air yang tidak semuanya dibutuhkan untuk dikonsumsi, bahkan berkecenderungan mengganggu.

Dari hasil uji laboratorium parameter air layak konsumsi berdasarkan Permenkes, setelah proses filtrasi didapatkan parameter yang tidak layak seperti kandungan Klorida, Mangan, Zinc berlebih. Dan pH air yang sangat tinggi dapat diturunkan sehingga menjadikan air di Satradar layak konsumsi, dengan catatan diganti pipanya.

Semua proses mulai dari kajian keilmuan dan sampel lapangan, uji coba teknis, perakitan alat dikerjakan oleh teman-teman Perumdam Tirta Tencana Jombang. Dengan sepenuh hati, terma kasih kami sampaikan kepada Bapak Dansatradar 222 Jombang atas perkenan izinnya hingga sekitar 3 bulan kami diberi kesempatan untuk bereksplorasi disini.

Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab mengatakan bahwa, permasalahan air bersih di wilayah Satradar 222 Ploso menjadi perhatian utama mengingat urgensitasnya untuk memenuhi kebutuhan air bersih di wilayah Satradar 222 Jombang dan sekitarnya. Mengingat air di daerah ini masih terasa asin dan berbau serta belum layak untuk digunakan dikarenakan belum memenuhi syarat kualitas air bersih.

Membangun dan menyediakan kebutuhan air bersih bersama dengan Perumdam Tirta Tencana Jombang. Terhubung bersama kami di Instagram | Twitter | Facebook